Jumat, 30 Januari 2015

Syarat Ilmu Pengetahuan

            Ilmu pengetahuan yang kita pelajari ternyata harus memenuhi syarat. Kau tahu itu terdiri apa saja?Baiklah, aku akan memberitahumu. Harun Al Rasyid dan Mujtahidin (2014:12) dalam bukunya “Ilmu Pendidikan(Teoritis dan Praktis)” menyatakan syarat ilmu pengetahuan sebagai berikut.

a.  Ilmu pengetahuan harus ada objeknya. Adapun objek ilmu pengetahuan adalah material dan formal. Objek material adalah bahan yang menjadi sasaran suatu ilmu pengetahuan,sedangkan objek formal adalah sudut pembahasan suatu ilmu pengetahuan. Contoh : ilmu jiwa dan ilmu manusia yang kedua macam ilmu pengetahuan itu mempunyai objek material yang sama yaitu manusia,akan tetapi objek formalnya berbeda. Oleh karena itu,objek material ilmu pengetahuan dapat sama sedangkan objek formalnya berbeda.
b. Ilmu pengetahuan harus metodis. Ilmu pengetahuan dalam mengadakan pembahasan serta penyelidikan untuk ilmu pengetahuan harus menggunakan metode ilmiah.
c.    Ilmu pengetahuan harus sistematis.
d.   Ilmu pengetahuan harus mempunyai dinamika. Ilmu pengetahuan harus tumbuh dan berkembang untuk mempunyai kesempurnaan.
e. Ilmu pengetahuan harus praktis. Ilmu pengetahuan harus berguna dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

f.     Ilmu pengetahuan harus diabadikan untuk kesejahteraan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar