Jumat, 30 Januari 2015

Perkembangan Tingkah laku Manusia

            Menjadi seorang pendidik bukanlah hal yang sepele. Guru itu digugu dan ditiru. Pendidik bukan hanya mengajar,tetapi juga mendidik demi mencapai tujuan nasional pendidikan. Agar memahami peserta didik sesuai dengan kebutuhannya,pendidik dituntut untuk mengerti perkembangan tingkah laku peserta didik sekarang ini. oleh karena itu,penulis akan menjelaskan perkembangan tingkah laku manusia.

            Yelon dan Weinstein(1977) sepakat bahwa perkembangan individu berlangsung secara setahap. Pernyataan ini berdasarkan pada karya tokoh-tokoh sebelumnya yang menerangkan perkembanagn jenis-jenis tingkah laku dalam kebudayaan barat pada umur yang bervariasi. Perkembangan tingkah laku tersebut diantaranya sebagai berikut.

            Perkembangan jenis tingkah laku masa anak kecil (toddler) adalah:
1.    Perkembangan fisiknya sangat aktif ,terutama untuk belajar menggerakkan anggota tubuhnya.
2.    Perkembangan bahasa pengucapan kalimat,serta belajar konsep-konsep benda yang dilihat
3.    Mulai menyukai anak-anak lain,tetapi tidak bermain dengan mereka
4.    Memberikan respon dan mulai bergantung dengan orangtua
5.    Perkembangan jenis tingkah laku prasekolah
6.    Perkembangan otot yang mantap disertai kooordinasi anggota tubuh
7.    Bahasa yang berkembang baik. Ditandai dengan pemahaman terhadap pandangan orang lain.
8.    Mulai bisa menaati atura-aturan dan menghormati kekuasaan
9.    Memusatkan diri pada perbedaan gender dan kecakapan masing-masing dengan mengekpresikan semua perasaan.

            Perkembangan jenis tingkah laku masa kanak-kanak (chilhood) adalah:
1.    Keterampilan anggota tubuh cukup baik dan tutut serta dalam permainan-permainan kelompok
2.    Menggunakan simbol/bahasa untuk membebaskan masalah
3.    Mulai berorientasi pada kelompok yang mempengaruhi konsep dirinya
4.    Banyak menggunakan waktu untuk membebaskan diri dari seksual

            Perkembangan jenis tingkah laku masa remaja awal adalah:
1.    Pertumbuhan tumbuh cepat ditandai dengan kematangan seksual
2.    Mulai dapat berpikir abstrak
3.    Menyesuaikan diri dengan norma-norma
4.    Berkelompok dan berteman dekat dengan sebaya dan sejenis
5.    Menguasahakan untuk lebih bebas yang emosional tidak stabil

            Perkembangan jenis tingkah laku masa remaja akhir adalah:
1.    Mencapai kematangan fisik
2.    Egosentrisme hilang dan tepat berpikir abstrak
3.    Berminat kepada lawan jenis dan memulai mengadakan hubungan pribadi
4.    Identitas diri yang mapan pada lingkungan masyarakat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar